PENDAHULUAN
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang
berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah
aktivitas dalam kurun waktu tertentu.
Didalam
strategi yang baik terdapat koordinasi tim kerja, memiliki tema,
mengidentifikasi faktor pendukung yang sesuai dengan prinsip-prinsip
pelaksanaan gagasan secara rasional, efisien dalam pendanaan, dan memiliki taktik untuk mencapai tujuan secara efektif.
Strategi
dibedakan dengan taktik yang memiliki ruang lingkup yang lebih sempit dan waktu yang
lebih singkat, walaupun pada umumnya orang sering kali mencampuradukkan ke dua
kata tersebut.
STRATEGI
TINGKAT BISNIS
Strategi Tingkat Bisnis (Business Level
Strategy) menekankan tindakan yang harus diambil untuk menyediakan nilai bagi
konsumen dan mendapatkan keunggulan bersaing melalui pendayagunaan kompetensi
inti dalam pasar suatu produk tertentu..
Strategi merupakan sejumlah tindakan
yang terintegrasi dan terkoordinasi yang diambil untuk mengeksploitasi
kompetensi inti serta memperoleh keunggulan bersaing. Kompetensi
inti merupakan sumber daya dan kemampuan yang telah ditentukan sebagai sumber
keunggulan bersaing bagi perusahaan terhadap pesaingnya.
Strategi
Tingkat Biaya
1. Kepemimpinan Biaya
Internasional
Adalah serangkaian tindakan yang dirancang untuk
memproduksi atau mengirimkan barang-barang atau jasa pada biaya yang relatif
rendah, relatif terhadap para pesaing, dengan ciri-ciri yang dapat diterima
oleh para pelanggan.
Perusahaan yang berusaha mendapatkan keunggulan
kompetitif melalui strategi kepemimpinan biaya sering kali menghasilkan
produk-produk standar, tanpa tambahan yang berarti. Laba di atas rata-rata
dihasilkan ketika perusahaan secara terus-menerus mendorong biayanya menjadi
lebih rendah daripada para pesaingnya, sambil menyediakan produk-produk yang
harganya lebih rendah dan bentuk-bentuk diferensiasinya dapat diterima
pelanggan. Contoh perusahaan yang melakukan strategi ini : Wal Mart
(pengecer), Timex (jam), dan Gateway 2000 (computer).
Risiko persaingan yang bekaitan dengan strategi
kepemimpinan biaya meliputi (1) kehilangan keunggulan kompetitif karena
teknologi yang lebih baru, (2) kegagalan mendeteksi perubahan dalam kebutuhan
pelanggan, dan (3) kemampuan para pesaing untuk menerima keunggulan kompetitif
pemimpin biaya melalui tindakan strategis merekayang unik.
2. Strategi Diferensiasi
Adalah serangkaian tindakan integratif yang untuk
dirancang memproduksi barang atau jasa yang dianggap pelanggan berbeda dalam
hal-hal yang penting bagi mereka.
Strategi diferensiasi memampukan perusahaan untuk
menyediakan produk-produk yang memiliki ciri-ciri berbeda (dan nilai) kepada
para pelanggan. Karena keunikannya, produk-produk dan jasa diferensiasi dijual
dengan harga premium. Semakin sedikit kemiripan dengan produk-produk pesaing,
semakin perusahaan itu bertahan dari persaingan dengan lawan-lawannya. Contoh
perusahaan yang melakukan strategi ini : Maytag (peralatan), Mercedez (otomotif)
dan WordPerfect (perangkat lunak).
Risiko yang berkaiatan dengan strategi diferensiasi
meliputi (1) keputusan kelompok pelanggan tertentu yang merasa bahwa perbedaan
antara produk diferensiasi dan barang-barang dan jasa pemimpin biaya tidak lagi
bernilai untuk harga premium, (2) ketidakmampuan produk diferensiasi untuk
menciptakan jenis nilai yang mau dibayar pelanggan dengan harga premium, (3)
kemampuan para pesaing untuk menyediakan produk-produk yang berciri sama dengan
produk-produk diferensiasi, tapi dengan biaya yang lebih rendah, (4) ancaman
pemalsuan, di mana perusahaan memproduksi barang-barang dan jasa diferensiasi
dengan harga murah dan ‘mematikan’.
3. Strategi Fokus Internasional
Adalah serangkaian tindakan integratif yang dirancang
untuk memproduksi atau mengirimkan barang-barang dan jasa yang melayani
kebutuhan segmen persaingan tertentu.
Suatu perusahaan yang menerapkan strategi fokus akan
berusaha menggunakan kompetensi-kompetensi intinya untuk melayani kebutuhan
segmen industri tertentu: kelompok pembeli partikular, segmen atau lini produk
yang berbeda, atau pasar geografis yang berbeda. Dasar dari strategi fokus
adalah bahwa suatu perusahaan dapat melayani segmen partikular dari suatu
industri dengan lebih efektif atau efisien dari para pesaingnnya. Kesuksesan
dengan strategi fokus terletak pada kemampuan perusahaan untuk menemukan
segmen-segmen yang memiliki kebutuhan yang unik atau mengalokasikan segmen yang
dilayaninya dengan buruk oleh para pesaing industri lainnya.
Perusahaan dapat menciptakan nilai bagi pelanggan dalam
segmen pasar yang unik dan spesifik dengan menggunkan satu dari dua strategi
fokus yang berbeda: kepemimpinan biaya fokus dan diferensiasi fokus. Contoh
perusahaan yang melakukan strategi ini : Fadal Engineerring dan USAA (United
Service Autombile Association)
Risiko kompetitif dari strategi fokus meliputi (1)
kemampuan pesaing untuk menggunakan kompetensi intinya untuk “mengaburkan”
fokus pelaku strategi fokus dengan melayani segmen kompetitif yang lebih sempit
lagi, (2) keputusan-keputusan yang dibuat oleh para pesaing industri untuk
melayani kebutuhan khusus kelompok pelanggan-pelanggan segmen kompetitif sempit
dan pasar industri secara luas.
Stretegi
Tingkat Perusahaan
1. Strategi
Multidomestik/Multinasional
Perusahaan memberikan banyak kebebasan pada anak-anak
perusahaannya untuk memenuhi kebutuhan pelanggan yang berada dalam wilayah
mereka. Dimana perusahaan induk membiarkan para anak perusahaan mengembangkan
produk dan praktek mereka sendiri.
2. Strategi Global
Strategi global mengumpulkan pengendalian di perusahaan
induk. Perusahaan berusaha memenuhi kebutuhan pelanggan di seluruh dunia dengan
produk-produk standar. Produk untuk seluruh pasar dunia diproduksi secara
sentral dan dikirimkan pada anak-anak perusahaan.
3. Perusahaan Transnasional
Perusahaan induk dan semua anak perusahaan bekerja sama
memformulasikan strategi dan kebijakan operas, dan menkoordinasikan logistik
agar produk mencapai efisiensi dan integrasi global, sambil menyediakan
fleksibilitas di tingkat lokal.
Perusahaan dengan Diversifikasi
Memiliki Dua Tingkat Strategi
1.
Strategi
Tingkat Koorporate (Companywide Strategy)
2.
Strategi
Pada Tingkat Bisnis (Strategi Kompetisi)
o
Strategi
tingkat korporasi merupakan strategi untuk bagaimana suatu perusahaan yang
terdiri dari berbagai bisnis untuk tumbuh dan berkembang dengan cara bagaimana
untuk mengalokasikan sumber daya yang dimiliki pada berbagai bisnis dan
menciptakan sinergi antar bisnis.
o
Bisnis
yang sudah ditetapkan untuk dijalankan belum tentu akan memberikan kontribusi
bagi perusahaan jika tidak mampu untuk hidup dan bersaing dengan pesaingnya.
o
Untuk
itu diperlukan untuk menetapkan suatu strategi bagi unit-unit bisnis agar mampu
bertahan dan berkembang sehingga dapat memberikan kontribusi dalam pertumbuhan
perusahaan
Tingkat - Tingkat Strategi
·
Strategi
Tingkat Korporasi :
o
Berupaya
untuk menentukan bisnis apa yang seharusnya dilakukan oleh korporasi.
·
Strategi
Tingkat Bisnis :
o
Berupaya
untuk menentukan bagaimana seharusnya suatu korporasi bersaing dalam setiap
bisnisnya.
Tipologi
Strategi Dalam Persaingan
1.
Esensi
strategi bersaing adalah penguasaan berbagai pendekatan dan langkah yang
ditempuh untuk meraih sukses dalam persaingan dalam suatu industri.
2.
Setiap
perusahaan bebas menentukan strategi yang dipilih, dengan pedoman
dasar:kesesuaian antara pilihan strategi dengan lingkungan pasar yang dihadapi.
Bentuk
Strategi Dasar Persaingan
Tiga
bentuk strategi dasar bersaing:
1.
Strategi Cost-Leadership, menjadi produsen yang
mempunyai keunggulan pada biaya produksi yang rendah
2.
Diversifikasi,
mencari bentuk yang mampu membedakan produk yang ditawarkan dengab produk
pesaing
3.
Fokus,
memusatkan pada ceruk pasar/mencari porsi pasar yang unik untuk dilayani tetapi
potensial untuk dikembangkan.
a.
Focused
cost leadership
b.
Focused
differentiation
Strategi
pada tingkat bisnis yang terfokus melibatkan pendekatan dasar yang sama sebagai
Strategi Pasar yang luas. Sehingga, terdapat
peluang karena:
Ø Perusahaan besar
mengabaikan celah kecil yang ada
Ø Perusahaan kekuarangan
sumber daya untuk bersaing dalam industri
Ø Mampu melayani segmen pasar
yang sempit secara lebih efisien dari pada kompetitor dalam industri
Ø Fokus memungkinkan anda
untuk mengarahkan sumber daya kepada aktivitas value chain tertentu untuk
membangun keunggulan kompetitif
Ø Focused Differentiators
berkembang pesat dengan memilih pasar yang kecil yang tidak dilayani pemain
besar
Ø Focused Cost leadership,
memproduksi beragam model dengan biaya yang relatif murah. Contoh: IKEA menawarkan
peralatan RT yang desain, fungsi & kualitasnya bagus dengan harga
terjangkau
APLIKASI / CONTOH
KASUS
Dari
ketiga strategi diatas, kami mencoba
membahas satu persatu dengan menggunakan contoh kasus dari tiap-tiap strategi.
Yang pertama adalah toko baju online gantibaju.com (biasa disingkat Gaban).
Toko online ini merupakan “pendobrak” rutinitas belanja di tengah-tengah
masyarakat, terutama anak muda. Baju yang dipajang di etalase virtual mereka
dengan menggunakan portal website, memungkinkan orang untuk berbelanja dari
mana saja. Entah sedang dikamar tidur, maupun ketika sedang berada di balik
meja kantor, yang penting ada koneksi internet, langsung bisa belanja.
Dimana letak diferensiasinya? Toko online Gaban ini menjual
produk-produk t-shirt dengan warna dan design sablon yang berkualitas tinggi.
Dengan harga mulai dari Rp. 120.000 untuk sebuah t-shirt ini tergolong mahal,
tapi tidak bagi mereka yang menginginkan sesuatu yang “beda”. Dan bagi mereka
yang sibuk dan malas untuk menyambangi toko baju di Mall karena satu dan lain
hal, inilah terobosan belanja saat ini. Pilih jenis dan ukuran yang anda mau,
kirim biodata diri serta alamat tujuan, transfer uangnya (via mobile banking or
internet banking), pakai bajunya. Praktis!
Lalu ada strategiOverall Cost Leadership.
Untuk contoh kasus pada strategi ini, saya mengangkat kaskus.us sebagai situs
komunitas terbesar di Indonesia. Di dalamnya, kaskus memuat berbagai macam
“kebutuhan”, dari mulai kebutuhan informasi, diskusi hingga jual beli. Banyak
“perusahaan” dan freelancer yang menggunakan kaskus sebagai
etalase jualan mereka. Dengan hanya mengisi informasi diri (bisa anonim/tidak
sesuai aslinya) lalu anda akan mendapatkan akun dengan fasilitas interaktif
dengan sesama pemilik akun di kaskus.
Dengan
membuka “lahan” sebesar-besarnya bagi para pemilik akun untuk berkreasi sesuka
mereka, kaskus telah mendapatkan keuntungan besar dengan banjirnya iklan dari
pihak perusahaan yang melihat laman kaskus sebagai sasaran potensial untuk
digunakan sebagai layar iklan produk mereka.
Kemudian ada strategi fokus. Untuk
strategi ini, saya mencoba mengangkat kutukutubuku.com. Kenapa? Karena situs
jual online yang satu ini hanya fokus dalam penjualan buku saja. Tidak yang
lain. Dengan fasilitas Cash on Delivery dan Freeongkos
kirim untuk pembeli yang berdomisili di Jakarta, maka kutukutubuku.com menjadi
panutan utama para penggila buku yang “sedang malas” ke toko buku. Tinggal
klik, maka buku yang anda inginkan langsung bisa diantar ke tempat anda.
Di
kutukutubuku.com ini juga anda dapat memesan buku yang jarang ada di pasaran.
Anda hanya tinggal memberikan judul buku yang anda cari dan siapa penulisnya,
maka tim mereka akan dengan segera mencarikannya untuk anda. Tentunya dengan
harga yang pantas.
PENDAPAT
DAN KESIMPULAN
Strategi adalah pendekatan secara keseluruhan yang
berkaitan dengan pelaksanaan gagasan, perencanaan, dan eksekusi sebuah
aktivitas dalam kurun waktu tertentu. Sedangkan strategi tingkat bisnis sendiri menekankan tindakan yang harus diambil untuk menyediakan
nilai bagi konsumen dan mendapatkan keunggulan bersaing melalui pendayagunaan
kompetensi inti dalam pasar suatu produk tertentu.
Strategi tingkat bisnis dibagi menjadi dua yaitu strategi
tingkat biaya dan strategi tingkat perusahaan. Strategi tingkat biaya sendiri
masih harus dibagi menjadi tiga yaitu
a.
Kepemimpinan Biaya
Internasional Adalah serangkaian tindakan yang dirancang untuk memproduksi atau
mengirimkan barang-barang atau jasa pada biaya yang relatif rendah, relatif
terhadap para pesaing, dengan ciri-ciri yang dapat diterima oleh para
pelanggan.
b.
Strategi Diferensiasi Adalah serangkaian
tindakan integratif yang untuk dirancang memproduksi barang atau jasa yang
dianggap pelanggan berbeda dalam hal-hal yang penting bagi mereka.
c. Strategi Fokus
Internasional Adalah
serangkaian tindakan integratif yang dirancang untuk memproduksi atau
mengirimkan barang-barang dan jasa yang melayani kebutuhan segmen persaingan
tertentu.
Strategi
tingkat perusahaan juga dibagi lagi menjadi 3 yaitu
Strategi Multidomestik/Multinasional ,
Strategi Global , Perusahaan
Transnasional
DAFTAR
PUSTAKA
J. David Hunger & Thomas L Wheelen. Manajemen Strategis. Andi Yogyakarta
4 komentar:
wow, posting yang sangat menarik dan sangat membantu pengerjaan tugas saya. Terima kasih
terimakasih kembali kaka
mantab tu postingan...
http://meliamebel.com/kursi-teras-betawi-jati/
mba zul makasih , bisa buat ngerjain tugas kampus nih . salam bontang haha
Posting Komentar