STRUKTUR
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Pengertian
Pasar pada Umumnya
Setelah
perhatikan gambar di atas, berarti kita mendapat gambaran tentang keadaan
pasar
dalam kehidupan sehari-hari. Agar lebih mengerti tentang pengertian pasar,
kita
dapat memperhatikan pasar yang ada di sekitar tempat tinggal kita. Pasar secara
sederhana
merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli untuk
melakukan
transaksi jual-beli barang dan jasa. Adapun pasar menurut kajian Ilmu
Ekonomi
memiliki pengertian; pasar adalah suatu tempat atau proses interaksi antara
permintaan
(pembeli) dan penawaran (penjual) dari suatu barang/jasa tertentu,
sehingga
akhirnya dapat menetapkan harga keseimbangan (harga pasar) dan jumlah
yang
diperdagangkan. Jadi setiap proses yang mempertemukan antara pembeli dan
penjual,
maka akan membentuk harga yang disepakati antara pembeli dan penjual.
Dalam
kehidupan sehari-hari kita dapat melihat pasar dalam bentuk fisik seperti
pasar
barang (barang konsumsi). Secara sederhana pasar dapat dikelompokkan
menjadi:
1.
Menurut segi fisiknya, pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam, di
antaranya:
a.
pasar tradisional
b.
pasar raya
c.
pasar abstrak
d.
pasar konkrit
e.
toko swalayan
f.
toko serba ada, dll
2.
Berdasarkan jenis barang yang dijual, pasar dibedakan menjadi beberapa
macam
di antaranya:
a.
pasar ikan
b.
pasar sayuran
c.
pasar buah-buahan
d.
pasar barang elektronik
e.
pasar barang perhiasan
f.
pasar bahan bangunan
g.
bursa efek dan saham, dll
Aktivitas
usaha yang dilakukan di pasar pada dasarnya akan melibatkan dua
subyek
pokok, yaitu produsen dan konsumen. Kedua subyek tersebut
masing-masing mempunyai peranan yang sangat besar terhadap pembentukan harga
barang
di
pasar.
STRUKTUR
PASAR
Struktur
Pasar memiliki pengertian penggolongan produsen kepada beberapa
bentuk
pasar berdasarkan pada ciri-ciri seperti jenis produk yang dihasilkan,
banyaknya
perusahaan dalam industri, mudah tidaknya keluar atau masuk ke dalam
industri
dan peranan iklan dalam kegiatan industri. Analisa ekonomi membedakan
struktur
pasar menjadi 4 jenis yaitu : Pasar Persaingan Sempurna, Pasar Monopoli,
Persaingan
Monopolistis, dan Pasar Oligopoli:
Pasar
Persaingan Sempurna
Persaingan
sempurna merupakan struktur pasar yang paling ideal karena
dianggap
sistem pasar ini adalah struktur pasar yang akan menjamin terwujudnya
kegiatan
memproduksi barang atau jasa yang tinggi (optimal) efisiensinya.
Perekonomian
merupakan pasar persaingan sempuma. Akan tetapi dalam prakteknya
tidaklah
mudah untuk menentukan jenis industri yang struktur organisasinya
digolongkan
kepada persaingan sempurna yang murni, yaitu yang ciri-cirinya
sepenuhnya
bersamaan dengan dalam teori. Yang ada adalah yang mendekati ciricirinya, yaitu
struktur pasar dari berbagai kegiatan disektor pertanian. Namun
demikian,
walaupun pasar persaingan sempurna yang murni tidak wujud di dalam
praktek.
Pasar
persaingan sempurna dapat didefinisikan sebagai struktur pasar atau
industri
dimana terdapat banyak penjual dan pembeli. Dan setiap penjual ataupun
pembeli
tidak dapat mempengaruhi keadaan di pasar.
CIRI-CIRI
PASAR PERSAINGAN SEMPURNA
Setiap
perusahaan adalah “pengambil harga”
Artinya
suatu perusahaan yang ada di dalam pasar tidak dapat menentukan atau
merubah
harga pasar. Adapun perusahaan di dalam pasar tidak akan
menimbulkan
perubahan ke atas harga pasar yang berlaku. Harga barang di pasarditentukan
oleh interaksi diantara keseluruhan produsen dan keseluruhan
pembeli.
Setiap
perusahaan mudah keluar atau masuk
Artinya
sekiranya perusahaan mengalami kerugian, dan ingin meninggalkan
industri
tersebut, langkah ini dengan mudah dilakukan. Sebaliknya apabila ada
produsen
yang ingin melakukan kegiatan di industri tersebut. Produsen tersebut
dapat
dengan mudah melakukan kegiatan tersebut.
Setiap
perusahaan menghasilkan barang yang sama
Artinya
bahwa barang yang dihasilkan berbagai perusahaan tidak mudah untuk
dibeda-bedakan.
Pembeli tidak dapat membedakan yang mana dihasilkan oleh
produsen
A atau B.
Banyak
perusahaan dalam pasar
Artinya
karena jumlah perusahan sangat banyak dan relatif kecil jika
dibandingkan
dengan jumlah produksi dalam industri tersebut. Menyebabkan
kenaikan
atau penurunan harga, sedikitpun tidak mempengaruhi harga yang
berlaku
dalam pasar tersebut.
Pembeli
mempunyai pengetahuan yang sempurna tentang keadaan di pasar
Artinya
bahwa pembeli mengetahui tingkat harga yang berlaku dan perubahanperubahan
ke
atas harga tersebut. Sehingga produsen tidak dapat menjual
barangnya
dengan harga yang lain lebih tinggi dan pada yang berlaku di pasar.
Beberapa
kelemahan / keburukan persaingan sempurna yaitu :
Persaingan sempurna
tidak mendorong inovasi
Persaingan sempurna
adakalanya menimbulkan biaya sosial
Membatasi pilihan
konsumen
Biaya produksi dalam
persaingan sempurna mungkin lebih tinggi
Distribusi pendapatan
tidak selalu merata
PERMINTAAN
DAN HASIL JUALAN
Dalam
menganalisis usaha sesuatu perusahaan untuk memaksimumkan
keuntungan,
dua hal harus diperhatikan :
Biaya produksi yang
dikeluarkan perusahaan
Hasil penjualan dari barang yang dihasilkan
perusahaan itu
Sifat
biaya produksi yang dikeluarkan oleh perusahaan adalah bersamaan,
walau
dalam struktur pasar manapun ia digolongkan. Sesuatu perusahaan itu berada
dalam
pasar persaingan sempurna, atau monopoli, atau oligopoli, atau persaingan
monopolistis.
Sifat dan hasil penjualan adalah berbeda di antara pasar persaingan
sempurna
dengan struktur pasar lainnya. Perbedaan ini disebabkan karena ditinjau
dari
sudut seorang produsen, bentuk permintaan yang dihadapi oleh seorang
produsen
di pasar persaingan sempurna berbeda sifatnya dengan yang dihadapi
seorang
produsen di pasar lainnya.
PERMINTAAN
PASAR DAN PERUSAHAAN
Setiap
perusahaan adalah pengambil harga, yaitu sesuatu perusahaan tidak
mempunyai
kekuasaan untuk menentukan harga. Interaksi seluruh produsen dan
seluruh
pembeli di pasar yang akan menentukan harga pasar, dan seorang produsen
hanya
"menerima" saja harga yang sudah ditentukan tersebut. Ini berarti
berapa
banyakpun
barang yang diproduksikan dan dijual oleh produsen, ia adak akan dapat
mengubah
harga yang ditentukan di pasar, karena jumlah yang diproduksikan itu
hanya sebagian kecil
saja dari jumlah yang diperjual belikan di pasar.
Daftar isi:
Tidak ada komentar:
Posting Komentar