Jumat, 14 Juni 2013

CONTOH PROPOSAL PENAWARAN (KHUSUS) UNTUK PERUSAHAAN, INSTANSI ATAU SEKOLAH

PROPOSAL PENAWARAN PROGRAM PELATIHAN DAN PENGEMBANGAN KEPRIBADIAN Best Inspiration Center (BIC)
Diajukan Untuk Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang

I.                   Latar Belakang
Kepribadian merupakan salah satu faktor dominan yang menentukan sikap dan perilaku manusia. Sebagai seorang karyawan perusahaan, kepribadian yang baik atau etis perlu dimiliki agar ia dapat mengatur bagaimana berhubungan dengan orang lain, bekerja sama secara efektif dan saling menguntungkan serta membentuk citra positif bagi perusahaan. Setelah mengikuti pelatihan ini, diharapkan para peserta dapat memiliki kemampuan mengendalikan dan mengelola diri sendiri, bekerja dengan lebih baik, serta mampu berinteraksi dan berkomunikasi dengan orang lain, yaitu sesama rekan kerja, atasan, bawahan serta konsumen di dalam maupun di luar perusahan.
Pengembangan kepribadian berarti kemauan diri sendiri untuk menata aspek internal diri atau sikap batin, dan aspek perilaku eksternal diri, yaitu cara menampilkan diri atau tampak sisi luar diri di persepsi orang lain. Untuk itu semua, harus mampu bersikap proaktif untuk meningkatkan kesadaran diri, pengetahuan diri, kecerdasan diri, identitas diri, bakat dan potensi diri, kualitas diri, serta  memenuhi mimpi dan tujuan hidup dengan visi yang jelas. Termasuk, memiliki keperibadian yang unggul untuk mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, karir, keuangan, hubungan, emosi, kebiasaan, dan keyakinan terhadap nilai-nilai kehidupan yang Anda perjuangkan.
Setiap proses pengembangan pribadi membutuhkan kerja keras, waktu, konsistensi, dan kesabaran. Artinya, tidak ada jalan instan untuk merancang diri menuju pertumbuhan pribadi yang unggul. Setiap kegagalan dan kemunduran harus disikapi dengan penuh kesadaran untuk bangkit kembali dan menata kembali kepribadian yang lebih hebat untuk menghadapi kehidupan dan pekerjaan sesuai realitas. Pelatihan selama satu hari ini dirancang untuk membantu pengembangan kepribadian peserta melalui pengetahuan dan keterampilan yang fokus pada aspek internal dan eksternal diri peserta. Termasuk, memaparkan dan memberi pencerahan kepada peserta tentang cara dan teknik pengembangan kepribadian untuk menuju kepada kehidupan kepribadian dan kehidupan kerja yang unggul dan profesional.
Pelatihan ini berisi berbagai panduan dan latihan untuk meningkatkan kecakapan kualitas diri dalam pekerjaan di kantor dan kehidupan pribadi. Pembicara akan memberikan cerita menarik tentang kesuksesan pengembangan kepribadian dengan tujuan memungkinkan peserta untuk memperbaiki diri pada keterampilan tertentu yang masih belum dikuasai.
II.                Tujuan Program
Dengan diadakannya pelatihan pengembangan kepribadian, harapannya adalah:
1.      untuk membantu peserta mencapai efektivitas dan kesuksesan di semua aspek kehidupan pribadi dan kehidupan kerja.
2.      Peserta akan diarahkan untuk menjaga keseimbangan pikiran, perasaan, tindakan, dan keterampilan untuk menciptakan kehidupan yang diinginkan secara unggul dan profesional.

III.             Sasaran Program
Program pelatihan dan pengembangan kepribadian ini diperuntukkan untuk para Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Sebanyak 50 orang, yang terdiri dari dosen laki-laki dan dosen perempuan.
IV.             Program-Progran Kegiatan
Adapun materi dan isi pembahasan dalam Pelatihan dan Pengembangan kepribadian ini “Professional Communication dan Personality Development” sesuai dengan kesepakatan dengan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
V.                Fasilitas Pelatihan
1.      Trainer yang sudah berpengalaman
2.      Sertifikat dan piagam penghargaan
3.      Modul
4.      Snack dan makan siang
5.      Foto bersama
VI.             Paket Program
1.      Durasi Waktu dan Jumlah peserta
Durasi waktu 4-5 Jam/Paket (waktu bisa menyesuaikan kondisi) dengan metode penyampaian menggunakan ekspositori, game, simulasi dan tanya Jawab secara interaktif dan menyenangkan. Jumlah Peserta tidak dibatasi, namun Khusus untuk Public Speaking & Comunication Training diupayakan tidak melebihi 50 orang, karena peserta akan praktik langsung.
2.      Biaya Training/Paket (4-5 Jam/Paket):
a.       Jumlah Peserta 15-50 orang Rp 20.000.000
Kami juga menyediakan paket lain sesuai dengan kebutuhan dan keperluan pihak penyelenggara/EO, seperti Seminar motivasi, Training khusus siswa, Training khusus guru, Training karyawan, Pelatihan Leadership, persiapan ujian/tes, Training Masa Orientasi, Dll.
3.      Media yang digunakan: Laptop, LCD, Screen/layar, Meja dan Kursi pemateri (jika ada), Perangkat pengeras suara termasuk Sound untuk Laptop, Kertas A4 2 x jumlah peserta, Papan tulis atau Flip chart (jika ada).
Seluruh peralatan, perlengkapan, dan fasilitas Training disediakan oleh panitia penyelenggara Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
VII.          Waktu Pelaksaan Pelatihan
Waktu pelaksaan pelatihan yaitu pada hari Sabtu, tanggal 27 Juli 2013. Pukul: 08.00 – 13.00 WIB, sesuai dengan kesepatakan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
VIII.       Lokasi pelaksaan
Lokasi pelaksanaan di Aula Gedung F, lantai 6. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang.
IX.             Penutup
Kami sangat menghargai komitmen atas usaha untuk melatih dan mengembangkan diri. Kami percaya bahwa program kami merupakan salah satu alat untuk mencapainya. Selain itu, kami sangat terbuka jika ada hal-hal yang kurang jelas dan perlu didiskusikan lebih lanjut.
Demikianlah pengajuan penawaran pelatihan ini kami sampaikan sebagai bentuk kepedulian dan penawaran untuk berkembang bersama dalam meningkatkan sumber daya manusia yang dapat diunggulkan. Dengan harapan, setelah mengikuti kegiatan – kegiatan kami tersebut, dapat meningkatkan kinerja dan produktivitas sumber daya manusia (SDM).





1 komentar: