Jumat, 23 Agustus 2013

TIPS MEMBEDAKAN ANTARA MLM DAN MONEY GAME



Semakin mudahnya masyarakat Indonesia dalam memperoleh akses internet, dimanfaatkan oleh banyak pihak untuk berpromosi berbagai peluang bisnis online. Tidak sedikit juga yang memanfaatkan hal tersebut untuk memperoleh keuntungan pribadi dengan jalan menipu. Sifat dasar manusia yang mau dapat untung sebesar-besarnya dengan modal sesedikit mungkin bahkan kalau perlu tanpa usaha, menjadi peluang besar bagi para penipu tersebut.
Ada dua jenis bisnis online yang saat ini cukup booming di Indonesia saat ini, yaitu bisnis MLM (Multi Level Marketing) dan Money Game (permainan uang, saya tidak setuju kalau ini disebut bisnis). Jika Anda tertarik menjalankan bisnis online, Anda harus berhati-hati dalam memilih karena biasanya orang Money Game akan mengaku kalau mereka adalah MLM.

Saya akan memberi Anda beberapa tips agar Anda bisa membedakan antara MLM dan Money Game, berikut tips untuk membedakannya:
Keanggotaan
MLM :
untuk mendaftar sebagai member atau anggota dalam bisnis MLM biasanya kecil (seperti Oriflame, tidak lebih dari Rp 49.900 bahkan saat promo bisa hanya Rp 9.900). Biaya yang kecil itu hanya sebagai pengganti biaya administrasi, seperti katalog, starterkit, kartu anggota, dll.
Money Game :
untuk mendaftar sebagai member atau anggota bisnis money game, biasanya uang pendaftarannya akan sangat besar dan disertai dengan kewajiban membeli paket produk.
Produk Bisnis
Produk yang dijual di bisnis MLM:
  1. Memiliki ijin Depkes, BPOM, atau bersertifikat luar negeri, karena MLM yang bagus itu biasanya adalah perusahaan internasional, seperti Oriflame yang berasal dari Swedia.
  2. Mudah dijual di pasaran karena kualitasnya yang terjamin dan tidak pasaran.
  3. Bisnis tetap dapat berjalan walaupun tidak memiliki downline, dengan hanya berjualan produk.
  4. Perusahaan MLM akan memberi jaminan terhadap produk yang mereka jual.
  5. Perusahaan MLM selalu berinovasi dalam Penelitian dan Pengembangan produk mereka.
Produk yang dijual di bisnis Money Game:
  1. Produk biasanya sulit sekali dijual bahkan tidak bisa dijual, atau pelakunya sendiri malah enggan untuk memakainya.
  2. Keanggotaan lebih penting daripada produk atau dengan kata lain tujuan dari transaksi adalah untuk memperoleh komisi dan bukan produk.
  3. Produk kadang hanya fiktif dan kalaupun ada berkualitas rendah atau tidak sesuai dengan nilai uang yang dibayarkan.
Sistem yang Jelas
  1. MLM :
    Perusahaan MLM yang murni memiliki Success Plan yang jelas (seperti Succes Plan Oriflame) ada jenjang karir yang bisa dikejar. Sangat jelas darimana asal keuntungan, level atau peringkat yang bisa dicapai, aturan main, dan kode etik bagi member. Bonus yang diperoleh adalah berdasarkan OMZET penjualan. Ada prinsip keadilan dalam bisnis, dimana downline yang lebih giat dan fokus dalam bekerja bisa memperoleh profit atau peringkat karier lebih tinggi dari upline-nya. Upline pun punya kepentingan dengan downline, dimana dia juga harus membantu perkembangan jaringan downlinenya agar jenjang karirnya terus naik.
  2. Money Game :
    Sementara pada bisnis Money game, berlaku sistem binary ataupun piramid, dimana upline pasti dapat untung lebih besar. Bonus yang diperoleh adalah berasal dari Biaya Pendaftaran para membernya.
Surat Ijin
  1. MLM :
    Tergabung dalam APLI (Asosiasi Penjualan Langsung Indonesia) dan WFDSA (World Federation of the Direct Selling Associations), organisasi yang berperan dalam memberi masukan kepada pemerintah tentang konsep MLM yang sebenarnya.
  2. Money Game :
    Tidak tergabung dalam keanggotaan APLI dan WFDSA.
Training dan Support System
  1. Perusahaan MLM akan memberikan pelatihan-pelatihan mengenai produk mereka, keahlian yang diperlukan dalam memasarkan produknya, leadership, marketing, pengembangan diri, dll. Perusahaan juga menyediakan support system yang siap membantu perkembangan bisnis untuk para anggotanya yang mengalami kendala.
  2. Pada perusahaan Money Game biasanya menggunakan akan model pelatihan motivasi untuk ‘cuci otak’ agar mereka jadi loyal. Bahkan ada yang sama sekali tidak memiliki sistem pelatihan maupun support system.
Agar Anda tidak tertipu dengan bisnis Money Game, jurus yang paling ampuh adalah dengan melihat keanggotaannya di APLI. Tapi kenapa kenapa Anda tidak bergabung saja dengan bisnis Oriflame bersama dBC Network yang menjalankan bisnisnya 85% secara online. Oriflame merupakan anggota APLI dan punya Success Plan serta sistem pembagian bonus yang fair dan sangat jelas jelas. Silahkan KLIK barner di bawah atau di atas ini untuk informasi lebih lanjut.



Tidak ada komentar: