Senin, 20 Januari 2014

CONTOH FORM STANDAR PENILAIAN KINERJA KARYAWAN

FORM PENILAIAN KINERJA
Nama Karyawan: ________________________________    Ulasan Pekerjaan:____________________
Tanggal Mengaji/upah:_________________ Departemen:____________ Supervisor:____________
Ulasan Tahunan               90 Hari Ulasan                   Ulasan Periode: Dari ____________ sampai _________

Tujuan: tujuan dari melakukan penilaian kinerja adalah untuk mengembangkan komunikasi yang lebih baik antara karyawan dengan supervisor. Meningkatkan kulitas pekerjaan, meningkatkan produktivitas; dan mempromosikan pengembangan karyawan. Supervisor harus menilai kinerja keseluruhan karyawan terutama pada apakah karyawan menghasilkan hasil yang diingkan di setiap akuntabilitas prinsip pekerjaan  selama periode kinerja.

Kategori Penilaian Kinerja: pertimbangkan kinerja karyawan dalam setiap kategori dan menunjuk tingkat kinerja yang paling akurat serta menggambarkan kinerja pekerjaannya. Berikan pertimbangan cermat untuk setiap kategori sebelum memilih rating. Berikut ini adalah deskripsi dari setiap tingkat Kinerja:

5. Excellent / Perfect – Karyawan yang secara konsisten melebihi semua harapan untuk tanggung jawab dan tujuan, keterampilan, kemauan dan komitmen yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu. Memiliki pengetahuan unggul merupakan aspek utama dari total pekerjaan dan telah memiliki pengalaman di setiap aspek pekerjaan. Menunjukkan pengetahuan yang lebih/ungul dan kemampuan untuk mengambil inisiatif serta dapat memperbaiki proses yang salah dan efisiensi dalam menghasilkan dampak positif pada departemen atau organisasi.

4. Melampaui Harapan – karyawan yang sering mencapai atau melebihi harapan untuk tanggung jawab dan tujuan, keterampilan, kemampuan, dan pengetahuan untuk pekerjaan itu. Berusaha untuk menambah dan meningkatkan keterampilan, membuat rekomendasi / solusi yang ditawarkan mungkin dapat meningkatkan proses kinerja.

3. Memenuhi Harapan – Karyawan yang memenuhi harapan untuk tanggung jawab dan tujuan posisi, menunjukkan bahawa karyawan memiliki keterampilan yang diperlukan, pengetahuan, kemampuan dan komitmen untuk pekerjaan itu

2. Dibutuhkan Peningkatan / Perbaikan – Karyawan yang tidak selalu memenuhi tanggung jawab dan tujuan pekerjaan meskipun menunjukkan beberapa keterampilan, kemampuan dan pengetahuan untuk melakukan pekerjaan tersebut memerlukan tambahan pelatihan atau kiomitmen yang diperlukan dalam pekerjaan. Karyawan mungkin masih bisa belajar mengenai pekerjaannya dan kemauan untuk mengembangkan atau meningkatkan keterampilan yang diperlukan serta pengetahuan yang dimaksud untuk mendukung pekerjaan / kinerjannya.

1. Prestasi Kerja Tidak memuaskan – tanggung jawab posisi belum terpenuhi. Karyawan tidak menunjukkan pengetahuan yang dibutuhkan, keterampilan, kemampuan dan komitmen yang dibutuhkan untuk posisi itu.

BAGIAN I – Tinjau kinerja karyawan dengan mencentang kotak yang paling tepat dalam setiap kategori berdasarkan waktu dan pekerjaan. Tulis contoh spesifik yang saling mendukung setiap rating.

Pekerjaan / Pengetahuan Teknis:
     Excellent         Melampaui Harapan         Memenuhi harapan         Butuh Peningkatan         Prestasi Tidak memuaskan
Memiliki dan menunjukkan pemahaman yang menyeluruh serta pengetahuan tentang semua tahap pekerjaan, termasuk berbagai teknik dan keterampilan yang diperlukan untuk efisiensi penyelesaian dari semua tugas. Tetap up to date pada perubahan / tren dalam pengetahuan teknis yang berkaitan dengan pekerjaan. Dapat memahami dampak / fungsi pekerjaannya pada departemen tersebut.
Contoh Spesifik / Komentar :




Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan:
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Menunjukkan kemampuan untuk membuat suara keputusan dan dengan tepat dapat mendefinisikan masalah, mendianogsis masalah, menganalisis penyebab-penyebabnya dan menggambarkan individu yang memiliki keahlian professional, sumber daya  (internal dan eksternal) membuat rekomendasi atau solusi dengan meminimalkan efek negative pada hubungan antara karyawan dan juga tujuan departemen / perusahaan. Karyawan menunjukkan kemauan untuk mengambil kepemilikan atau tanggung jawab atas keputusan yang dibuat.
Contoh Spesifik / Komentar :




Perencanaan dan Organisasi:
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Rencana efektif untuk menghasil volume yang diperlukan untuk memenuhi produksi / departemen. Tujuan memanfaatkan sumber daya yang tepat, memenuhi atau melebihi tanggang waktu tanpa harus membahayakan kualitas, mencari peluang untuk meningkatkan produktivitas dan dapat menghilangkan limbah serta mampu memprioritaskan kembali seperti apa yang di perlukan untuk memenuhi tuntutan perubahan. Melaksanakan tugas kerja dan tugas dalam anggaran.
Contoh Spesifik / Komentar :




Komunikasi (Verbal dan Tertulis):
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Menunjukkan komunikasi yang efektif (termasuk: medengarkan, komunikasi nonverbal dan bahasa) dalam hubungan individu dan kelompok (semua tingkatan, internal dan eksternal). Menjaga sepenuhnya  informasi dari manajer / supervisor, rekan dan bawahan pada pekerjaan / status proyek dan masalah. Menyediakan komunikasi singkat, akurat, tertulis untuk mendukung ruang lingkup tugas.
Contoh Spesifik / Komentar :



Keterampilan Interpersonal / Kerjasama:
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Menunjukkan kemampuan untuk membangun dan mempertahankan hubungan yang efektif baik secara internal maupun eksternal. Bersdia bekerja sama dan fleksibel ketika bekerja edngan rekan kerja. Bawahn dan manajemen untuk menyelesaikan pekerjaan. Memperlakukan semua karyawan dan pelanggan dengan bermartabat dan hormat.
Contoh Spesifik / Komentar :



Kepatuhan Terhadap Kebijakan / Keamanan Perusahaan:
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Tepat dalam menafsirkan dan mererapkan pada perusahaan, departemen dan kebijakan kerja, dan pedoman. Menjaga area kerja yang aman bersih dan memakai APD (Alat pelindung Kerja) yang sesuai seperti yang diperlukan.
Contoh Spesifik / Komentar :



Kerampilan Diri:
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan
Menampilkan percaya diri dan tetap dalam kendali ketika menangani kesulitan ataupun situasi baru. Menunjukkan kemampuan beradaptasi dan fleksibilitas saat menangani perubahan. Menunjukkan rasa kegotong-royongan dengan tetap terbuka dan positif ketika menerima arah dan umpan balik yang konstruktif.
Contoh Spesifik / Komentar :



Bagian II – Hasil Tujuan dan Sasaran (dibahas pada ulasan sebelumnya)
Sasaran / Tujuan:


Hasil:


Sasaran / Tujuan:


Hasil:


Sasaran / Tujuan:


Hasil:


Bagian III – Prestasi dan Kontribusi:



Bagian IV – Ringkasan Kinerja:



RATE KESELURUHAN KINERJA (Mencakup Manajer / Supervisor tambahan jika berlaku)
    Excellent        Melampaui Harapan        Memenuhi harapan        Butuh Peningkatan        Prestasi Tidak memuaskan

BAGIAN V – Tujuan dan Sasaran ( Untuk peninjauan periode baru):
1.        
2.        
3.        
4.        

Komentar Karyawan:




Dibahas / ulasan dengan karyawan pada:_________________________________________________
____________________________________________  Menindak Lanjuti diminta       I  YA           TIDAK
Tanda Tangan Manajer / Supervisor ____________________________________   Date:______________

Tanda Tangan Karyawan:_____________________________________________   Date:______________

15 komentar:

Marcellino Setiady mengatakan...

Berguna sekali.
Saya ijin untuk mencoba menggunakannya.

Namun ada sedikit pertanyaan,
Form ini diperuntukkan bagi siapa? Apakah untuk level karyawan bawah juga bisa? Ataukah untuk level spv? Ataukah untuk level staff/managerial?
Mohon masukannya.

Terimakasih

Marcellino Setiady mengatakan...

Apakah form penilaian prestasi kerja ini diisi oleh pribadi atau oleh seorang atasan yang menilai bawahannya?

Untuk norma penilaian bavaimana cara penilaiannya?

Terimakasih ibu siti...

Marcellino Setiady mengatakan...

Apakah form penilaian kerja itu diisi oleh pribadi orang tersebut? Atau oleh atasannya?

Mohon dijelaskan untuk cara penghitungan norma penilaian prestasi tersebut.

Terimakasih ibu siti.

Marcellino Setiady mengatakan...

Apakah form penilaian kerja itu diisi oleh pribadi orang tersebut? Atau oleh atasannya?

Mohon dijelaskan untuk cara penghitungan norma penilaian prestasi tersebut.

Terimakasih ibu siti.

Mira Permata Dewi Surjadi mengatakan...

Bu mau menanyakan untuk cara penilaiannya, utk bagian performance pekerjaan , yg dikotak2 itu diisi bobotnya atau silang? dan cara perhitungannya seperti apa?
lebih jelasnya bisa emailkan langsung dengan sy dewi3r4@yahoo.com

SITI ZULAIKHA mengatakan...

untuk Marcellino: iya silahkan

sebenarnya form ini hanya sebagai contoh saja yang saya cari di google dan menurut saya ini bisa menjadi acuan contoh form penilaian kinerja. seperti yang saya ketahui pengisisan form bisa untuk level mana saja tergantung perusahaan menginginkan feedback 360 derajat / penilaian ini untuk siapa, begitu

SITI ZULAIKHA mengatakan...

untuk MIRA PERMATA: mengisis form contoh sesuai dengan petuknya yaitu di silang, bobot penilaian bisa dari 1-10, semua di sesuaikan dengan pearturan perusahan. sesuai dengan contoh. setiap kotak memiliki nilai sendiri :D

susi suswanti mengatakan...

ijin share ibu siti..

avicenna mengatakan...

izin share, terima kasih.

ratih ervi dewanti mengatakan...

ibu siti trus untuk norma penilaian apakah dihitung ditambahkan dari a ke b,karena untuk perusahaan saya untuk karyawan masa percobaan

SITI ZULAIKHA mengatakan...

susi suswanti: iya silhkan

avicenna: iya silhkan
jangan lupa sisipkan sumber nya

ratih ervi: penilainnya dari setiap perusahaan atau organisasi di sesuaikan dengan norma atau budaya masing masing. bisa di tambahkan atau di pisah-pisah

yana mengatakan...

Siang mba,
maksudnya nilai2 poin di kotak itu cara nilainya bagaimana ya mbak?

Imelda mengatakan...

Mba siti terima kasih atas informasinya...

Mba Siti saya boleh ijin menggunakannya ???

Terima kasih~~

Jonli Haposan mengatakan...

Makasih..ijin copas ya

Ayi Alfino mengatakan...

terimakasih ilmunya & ikut copas mampir juga ke sini :

http://ayirh.blogspot.com/