Kamis, 30 Mei 2013

PENYAKIT INI SERING MENYERANG WANITA

Satu hal yang paling membedakan perempuan dan laki-laki adalah fisik. Mulai dari anatomi, hormon sampai struktur otak yang kaitannya jadi bikin perempuan lebih rentan terkena beberapa penyakit.

Depresi

Depresi didefinisikan sebagai perasaan sedih, pesimis, kehilangan minat umum dalam hidup, ditambah berkurangnya kesehatan emosional. Ada dua jenis depresi, yaitu depresi dinamik, yang diekspresikan dengan mengeluarkan kekalutan dalam diri dan depresi magnetik, yaitu memendam rasa sedih. Laki-laki lebih besar kemungkinannya menderita depresi dinamik dan perempuan lebih besar kemungkinannya menderita depresi magnetik.
Hal ini dikarenakan pria memiliki grey matter (otak kecerdasan) 6,5 kali lebih besar dibandingkan perempuan. Dengan Grey matter yang mereka miliki para pria lebih tahan menghadapi stress dan depresi, menggunakan logika-nya untuk memetakan masalah. Sedangkan perempuan cenderung memendam rasa sakit, menyalahkan diri sendiri dan menarik diri dalam kesedihan yang berlarut-larut.

Migren

Migren adalah sakit kepala unilateral (sebelah kepala) secara berulang dan disertai gejala mual, muntah, gangguan emosional dan terkait dengan genetik. Penyakit ini ada dua jenis, yaitu migren umum dan migren klasik. Migren umum hanya berupa sakit kepala sebelah saja tanpa disertai gejala lain. Migren klasik biasanya diawali dengan gangguan penglihatan di salah satu mata berupa terlihatnya titik-titik atau garis bergelombang mengambang.
Kebanyakan faktor pemicu migren ini adalah keadaan psikis seseorang. Ga heran dong, kenapa penyakit ini lebih sering menyerang wanita yang cenderung lebih sensitif dibandingkan pria.

Anemia

Anemia atau penyakit kekurangan sel darah merah sering ga dianggap berbahaya karena di tahap ringan anemia nggak menimbulkan gangguan berarti. Kenyataannya, jika penyakit ini dibiarkan bisa menyebabkan gagal jantung dan mengurangi kualitas hidup yang berujung pada kematian. Penyakit yang ditandai dengan rasa pusing, kurangnya nafsu makan dan wajah pucat ini lebih banyak menyerang perempuan dibandingkan laki-laki.
Di Indonesia anemia umumnya terjadi karena kurangnya zat besi yang berfungsi membentuk sel darah merah. Lalu, sel darah merah akan mengangkut oksigen dan zat-zat makanan keseluruh tubuh. Serta membantu proses metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi.

Osteoporosis

Pengeroposan tulang merupakan kerusakan arsitektur tulang dan meluasnya kerapuhan tulang sehingga menurunkan kekuatannya. Hal ini ditandai dengan menghilangnya sejumlah massa dari kemampuan tulang yang cukup banyak sehingga tulang jadi rapuh dan berujung pada resiko patah tulang.
Banyak masalah yang dihadapi perempuan sehingga menyebabkan mudahnya penurunan massa tulang seperti kehamilan, hilangnya hormon esterogen dan terapi hormon. Maka dari itu perempuan harus lebih memperhatikan tulangnya karena dengan memperhatikan ini dapat meningkatkan massa tulang sebanyak 20%. Konsumsi kalsium dalam jumlah yang cukup, usahakan terkena sinar matahari selama 30 menit seminggu untuk membentuk struktur tulang yang kuat, olahraga teratur dan mnegubah kebiasaan makan menjadi yang banyak kalsiumnya.

Heart attack

Salah kalau dikatakan bahwa penderita serangan jantung identik dengan pria. Perempuan itu lebih berpotensi terkena serangan jantung daripada pria, berdasarkan perkembangan kasus serangan jantung antara pria dan wanita mencapai 1:15. Selang waktu yang ga lama, perbandingan bahkan meningkat hingga 1:2. Ada beberapa faktor kenapa rasio penderita jantung wanita bertambah. Pertama, tingkat frekuensi pemeriksaan medis perempuan cenderung lebih jarang dibanding pria. Ironis sekali jika mengingat penelitian medis yang mengatakan bahwa harapan hidup perempuan lebih tinggi dibandingkan pria dan dibandingkan pria, wanita lebih minim aktifitas yang memacu fungsi kerja jantung. Nyeri pada rahang atau leher atau bahu, mual, muntah, lemas atau kembung merupakan gejala-gejala penyakit jantung yang kerap terjadi pada perempuan. Hati-hati saat tekanan darahmu tinggi atau ada keturunan diabetes dalam keluarga.


SUMBER

Tidak ada komentar: